https://bisnisman.nusaputra.ac.id/issue/feed Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen 2024-03-04T13:30:37+07:00 Siti Nur Aisyah [email protected] Open Journal Systems Jurnal Bisnis dan Manajemen (BISNISMAN) ini diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Nusa Putra, sebagai jurnal yang terbit setiap empat bulanan yang fokus menyajikan tulisan-tulisan tentang bisnis, manajemen dan kewirausahaan https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/182 Analisis Double Job Dan Disiplin Kerja Terhadap Output Produktivitas Karyawan PT. Bumi Lingga Pertiwi 2024-02-11T10:53:10+07:00 Gheofani Oky Rahmansyah [email protected] Nur Cahyadi [email protected] <p><em>This article or writing aims to determine the output of employee productivity by analyzing double jobs and work discipline among PT Bumi Lingga Pertiwi employees. The problem in this article is focused on the productivity of PT Bumi Lingga Pertiwi employees. In order to approach this problem, Edy Sutrisno's theoretical reference regarding employee work productivity is used. This research method uses descriptive qualitative research and uses general data collection techniques in the form of interviews. The results of this research show that double jobs at PT Bumi Linga Pertiwi can cause employees to be stressed about their additional work and at PT Bumi Lingga Pertiwi there are findings regarding employees who do not comply with company regulations resulting in a lack of work discipline, especially during working hours where there are often employees leaving work which can affect productivity. It is recommended to give bonuses to employees who are being given additional tasks or double jobs and reactivate employee entry and exit permits so that employees do not easily leave work during working hours.</em></p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/188 Analisis Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image 2024-01-31T18:28:11+07:00 Prasetyo Hartanto [email protected] Fitri Mariana [email protected] <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hipotesis. Penelitian ini berhipotesis bahwa penggunaan Laudya Chintya Bella sebagai brand ambasador berpengaruh terhadap brand image Produk Busana Muslim Zoya pada komunitas Hijabers di Kota Sukabumi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei eksplanatori yang bersifat deskriptif dan verifikatif. Dalam hal ini peneliti bermaksud mendeskripsikan dan menjelaskan pengaruh penggunaan Laudhya Chintya Bella sebagai brand ambasador terhadap brand image produk busana muslim Zoya. Populasi yang diteliti dalam penelitian ini adalah komunitas hijab di Kota Sukabumi. dari hasil penelitian yang ditemukan. Persepsi masyarakat yang tergabung dalam komunitas Hijabers Kota Sukabumi terhadap Laudya Chintya Bella sebagai Brand Ambassador produk Zoya dikategorikan cukup baik. Persepsi masyarakat yang tergabung dalam komunitas Hijabers Kota Sukabumi terhadap brand image produk Zoya cukup baik. Dipilihnya Laudya Chintya Bella sebagai Brand Ambassador produk Zoya memberikan kontribusi terhadap brand image produk busana muslim Zoya di komunitas Hijabers Kota Sukabumi sebesar 39,9%. Sebagai perbandingan, 60,1% lainnya disumbangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti.</p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/189 Biaya Kualitas dan Produktivitas Pada Perusahaan 2024-02-11T10:55:13+07:00 Muammar Khaddafi [email protected] Seri Jaya [email protected] Asmaul Husna [email protected] Dwi Rasti Debrianti [email protected] Eka Dwi Pertiwi [email protected] Yessi Nursafitri [email protected] <p>&nbsp;Tujuan&nbsp;&nbsp; penelitian&nbsp;&nbsp; ini&nbsp;&nbsp; untuk mengkaji&nbsp;&nbsp; tentang&nbsp;&nbsp; jenis&nbsp;&nbsp; biaya&nbsp;&nbsp; kualitas&nbsp;&nbsp; dan&nbsp;&nbsp; hubungannya&nbsp;&nbsp; dengan produktivitas pada perusahaan. Biaya kualitas muncul karena produk yang dihasilkan tidak memenuhi spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen. Dengan kata lain, produk tersebut memiliki kualitas yang buruk, baik yang akan terjadi atau yang sudah terjadi dalam suatu perusahaan. Jika hal ini terjadi, maka perusahaan akan menekan biaya-biaya ini pada tingkat seminimum mungkin tanpa mengabaikan kualitas produk yang dihasilkan. Pengukuran dan pengendalian terhadap biaya kualitas akan dituangkan melalui laporan biaya kualitas supaya perusahaan dapat menjaga dan meningkatkan kualitas produk sesuai dengan yang diharapkan. Ada 4 kategori biaya kualitas yaitu: biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya gagal internal, dan biaya gagal eksternal. Metode dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan yaitu pengumpulan data yang diarahkan pada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto, gambar maupun dokumen elektronik yang dapat menunjang proses penulisan terkait Biaya Kualitas dan Produktivitas pada Perusahaan. Studi &nbsp;&nbsp;ini menunjukkan&nbsp;&nbsp;&nbsp; bahwa biaya kualitas berhubungan langsung dan berdampak pada Produktivitassuatu perusahaan. Biaya kualitas dapat menghasilkan naiknya produktivitas sampai dengan produk akan dihasilkan serta tercipta kepuasan pada pelanggan. Produktivitas&nbsp; merupakan indikator&nbsp; perkembangan&nbsp; suatu&nbsp; perusahaan.&nbsp; Oleh&nbsp; karena&nbsp; itu,&nbsp; setiap&nbsp; perusahaan&nbsp; harus melakukan pengukuran produktivitas dalam satu siklus yang terdiri dari: productivity measurement, productivity evaluation, productivity planning dan productivity improvement.</p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/190 Penerapan Metode Economic Order Quantity dan Just in Time Guna Meningkatkan Optimasi Pengendalian Persediaan Produk 2024-01-31T18:28:23+07:00 Fitrina Lestari [email protected] Rustandi [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan metode Economic Order Quantity (EOQ) dan Just In Time (JIT) pada UKM Mochi Ahmad Yani yang bertujuan untuk meningkatkan pengendalian persediaan. Permasalahan yang diatasi mencakup efisiensi biaya inventaris yang kurang optimal dan tingginya risiko kelebihan produksi dan pengembalian produk. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data inventaris dan catatan penjualan Mochi Ahmad Yani sebelum dan sesudah penerapan EOQ dan JIT. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode EOQ dan JIT secara terintegrasi memberikan efisiensi biaya pada UKM Mochi Ahmad Yani. Dengan mengoptimalkan persediaan dan tingkat produksi, perusahaan berhasil mengurangi biaya persediaan, biaya produksi, dan pengembalian produk, sehingga meningkatkan profitabilitas dan daya saing. Penerapan JIT juga berdampak positif terhadap penurunan pengembalian produk.</p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/186 Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Se- Kecamatan Cibitung. 2024-01-31T18:28:26+07:00 Abdul Rohmat [email protected] Bonse Aris Mandala Putra Simangunsong [email protected] <p><em><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana lingkungan kerja kondusif terhadap motivasi berprestasi ASN dalam meningkatkan kinerja guru. </span><span style="vertical-align: inherit;">Penelitian ini dapat membantu memperbaiki kondisi kerja dan meningkatkan kualitas pengajaran di sekolah. </span><span style="vertical-align: inherit;">Tesis ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online. </span><span style="vertical-align: inherit;">Dalam penelitian ini yang digunakan adalah 230 responden guru PNS di Kecamatan Cibitung. </span><span style="vertical-align: inherit;">Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan kerja dan motivasi mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kinerja guru ASN se-Kecamatan Cibitung.</span></span></em></p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/169 Strategi Manajemen Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan: Suatu Kajian Literatur 2024-01-31T18:28:26+07:00 Ratna Dewi [email protected] Musdawina Musdawina [email protected] Zulfianah Ahmady [email protected] Musdalifah HR [email protected] Sarly Sakir [email protected] <p>Artikel ini mereview dan berupaya untuk mengkonfirmasi mengenai strategi manajemen pemasaran destinasi pariwisata berkelanjutan. Dalam perencanaan perlu melakukan analisis yaitu: (a) Analisis lingkungan makro yang meliputi lingkungan politik, ekonomi, sosial, hukum dan budaya; (b) Analisis lingkungan mikro meliputi produsen, pemasok, pesaing, wisatawan, dan masyarakat; (c) Analisis kompetitor meliputi destinasi wisata yang sejenis, dan (d) Analisis pasar yaitu potensi wisatawan dan pasar wisatawan. Strategi pemasaran terdiri dari analisis, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan dalam pengembangan destinasi wisata. Begitu juga dalam pengembangan manajemen pariwisata yang berkelanjutan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu: (a) Aspek daya tarik tempat wisata; (b) Akses menuju tempat wisatawan; (c) Fasilitas utama dan pendukung seperti hotel, restoran dan lainnya; dan (d) Kelembagaan seperti Agen perjalanan, biro perjalanan, pemandu wisata dan lainnya.</p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/199 Pengaruh E-Service Quality, E-Trust, E-Customer Satisfaction Terhadap E-Customer Loyalty Pada Marketplace Shopee 2024-02-17T14:19:18+07:00 Ade Elisa Thresya Sinurat [email protected] Abdul Haeba Ramli [email protected] Suseno Hadi Purnomo [email protected] <p><em>This study tested the direct impact of variables such as E-trust, E-service quality, and E-customer satisfaction on E-Customer loyalty. The research approach used this study uses quantitative approximations. Data collection techniques through surveys using questionnaires and compiled as many as 100 respondents. Sampling using non-probability techniques is purposeful sampling. The sample selection criteria for this study are (1) Shopee customers who make purchases through Shopee marketplace, (2) use Shopee regularly for the last 1 year (3) are 17 years of age or older, (4) customers have traded at least 2-3x at Shopee and (5) are dominated in the province of Dki Jakarta. The research uses a data analysis technique called Structural Equation Modeling (SEM), with SmartPLS software. E-service quality has a positive impact on E-customer satisfaction, E-trust has a negative impact on e-client satisfaction but E-services quality has no positive influence on the E-Customer loyalty. These results are expected to benefit Shopee's E-commerce to know what can increase customer satisfaction and loyalty.</em></p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/201 Analisis Sikap dan Minat Beli dikalangan Wanita Pekerja Muda Terhadap Produk Skincare Berbahan Alami 2024-02-14T09:47:11+07:00 Meliawati [email protected] Siska Ahmad [email protected] Agung Maulana [email protected] <p>Saat ini, menjaga penampilan telah menjadi tren umum dalam kehidupan modern, menjadikan produk perawatan kulit menjadi suatu kebutuhan. Citra diri dianggap mencakup penampilan fisik seseorang, yang pada akhirnya dapat meningkatkan penggunaan kosmetik. Penelitian ini menguji pengaruh Organic Label, Pengetahuan Lingkungan, dan Religiusitas terhadap niat beli. Penelitian ini mengadopsi pendekatan penelitian kuantitatif. Data yang dikumpulkan melalui teknik penelitian kualitatif diukur atau dihitung dengan menggunakan nilai numerik. Pendekatan penelitian kuantitatif ini sering digunakan dalam penelitian survei, yang mengumpulkan data melalui kuesioner. Menurut temuan penelitian, H1—yang menyatakan adanya hubungan antara label organik dan niat beli—didukung berdasarkan uji T. Selanjutnya, nilai t yang diestimasi sebesar 2.019 &gt; 1.976, variabel Pengetahuan Lingkungan (X2) sebesar 0.045 &lt; 0.05, dan kesimpulan bahwa H2 diterima menunjukkan hubungan antara Pengetahuan Lingkungan dan Niat Beli. Nilai t yang diestimasi sebesar 0.339 &lt; 1.976 dan variabel Religiusitas (X3) sebesar 0.739 &gt; 0.05 menunjukkan bahwa H3 tidak diterima, menunjukkan tidak adanya pengaruh antara Religiusitas dan Niat Beli. Berdasarkan uji F simultan, terdapat hubungan antara label organik, pengetahuan lingkungan, dan religiusitas dengan niat beli, dengan nilai F sebesar 21.655 &gt; 3.06 dan tingkat signifikansi sebesar 0.000 &lt; 0.05.</p> 2024-01-31T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen https://bisnisman.nusaputra.ac.id/article/view/196 Pengaruh Strategi Pemasaran dan Sales Activities Terhadap Salaes Revenue Pada PT. Agrindo Sumber Harum 2024-03-04T13:30:37+07:00 David Oktario Sidharta [email protected] Tantri Yanuar Rahmat Syah [email protected] Dimas Angga Negoro [email protected] Muhammad Dhafi Iskandar [email protected] <p>Penelitian ini mengkaji pengaruh strategi pemasaran dan aktivitas penjualan terhadap pendapatan penjualan PT. Agrindo Sumber Harum. Dalam upaya mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan pendapatan perusahaan, penelitian ini mencoba menganalisis peran strategi pemasaran dan aktivitas penjualan. Metode penelitian yang digunakan wawancara dengan staf penjualan dan pemasaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian didapatkan bahwa Strategi Pemasaran memiliki pengaruh positive signifikan terhadap sales revenue. Sales activities memiliki pengaruh positive signifikan terhadap sales revenue. Jadi, strategi pemasaran yang efektif sangat berpengaruh pada pertumbuhan pendapatan PT. Agrindo Sumber Harum. Strategi ini mencakup segmentasi pasar, promosi produk, dan manajemen merek yang kuat. Selain itu, aktivitas penjualan yang terkoordinasi dengan baik juga memainkan peran penting dalam meningkatkan pendapatan penjualan. Pelatihan penjualan yang berkualitas, manajemen hubungan pelanggan yang baik, dan pemahaman yang mendalam tentang produk perusahaan merupakan faktor kunci dalam peningkatan penjualan. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi manajemen PT. Agrindo Sumber Harum dan perusahaan sejenisnya. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang dampak strategi pemasaran dan aktivitas penjualan, perusahaan dapat mengoptimalkan upaya mereka untuk mencapai pertumbuhan pendapatan yang berkelanjutan. Selain itu, penelitian ini juga mendorong perusahaan untuk terus mengembangkan dan menyesuaikan strategi pemasaran dan aktivitas penjualan mereka sesuai dengan dinamika pasar yang terus berubah.</p> 2024-03-04T13:23:59+07:00 Copyright (c) 2024 Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen