ANALISIS STRATEGI VIRAL MARKETING TERHADAP MINAT PENGUNJUNG SELAMA NEW NORMAL DI MAL TENTREM SEMARANG

  • Tjan, Selly Beauty Wahayu STIE Media Nusantara Citra
Keywords: Pemasaran viral, faktor internal dan eksternal, situasi pandemi, Mal Tentrem

Abstract

Mal Tentrem merupakan mal baru (2020) di Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak strategi pemasaran viral bagi internal dan eksternal, serta efektivitas dan efisiensi penggunaan strategi viral marketing di era normal baru. Data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi dengan empat orang informan, serta teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi dan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa menurut informan, minat berkunjung ke Mal Tentrem di era new normal dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi: (1) Kepribadian dan sikap, (2) persepsi, sedangkan faktor internal yang tidak memengaruhi terdiri dari: (1) Kebutuhan dan motivasi, (2) usia, serta (3) hobi. Faktor eksternal yang mempengaruhi yaitu: (1) Situasi dan kondisi, (2) persepsi orang lain, (3) kelas sosial dan gaya hidup, serta (4) komunikasi pemasaran. Tidak ada faktor eksternal yang diuji yang tidak memengaruhi. Faktor yang paling berpengaruh adalah faktor eksternal komunikasi pemasaran.

Published
2022-01-27