MENGUKURFAKTOR PENENTU KEPUASAN PELANGGAN SAAT MEMBELI KOSMETIK TARDISIONAL DI DALAM TOKO TRADISIONAL

  • Rian Adul Gani Sekolah Tinggi Manajemen IMNI
Keywords: Kepuasan pelanggan, kosmetik tradisional, bauran pemasaran, kualitas layanan

Abstract

Penelitian ini mencoba untuk mengeksplorasi faktor penentu kepuasan pelanggan ketika berbelanja kosmetik di toko tradisional. Selain itu, makalah ini juga mengeksplorasi hubungan variabel yang dibangun dengan variabel utama - kepuasan pelanggan. Penelitian ini mengadopsi metode penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan dari 300 klien yang secara langsung membeli kosmetik di dalam toko tradisional, di jakarta. Setengah dari kuesioner dibagikan di toko oleh para peneliti dan sisanya dibagikan di forum kecantikan (media sosial) untuk menjaga validitas dan keandalan data yang dikumpulkan. Hasil penelitian ini mengeksplorasi dan mengkonfirmasi pengaruh penampilan visual, bauran pemasaran dan kualitas layanan dalam membentuk kepuasan pelanggan. Juga, makalah ini menyoroti kombinasi kegiatan pemasaran dan branding dalam menghasilkan kepuasan pelanggan dalam pembelian kosmetik

Published
2019-06-01