Biaya Kualitas dan Produktivitas Pada Perusahaan
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji tentang jenis biaya kualitas dan hubungannya dengan produktivitas pada perusahaan. Biaya kualitas muncul karena produk yang dihasilkan tidak memenuhi spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen. Dengan kata lain, produk tersebut memiliki kualitas yang buruk, baik yang akan terjadi atau yang sudah terjadi dalam suatu perusahaan. Jika hal ini terjadi, maka perusahaan akan menekan biaya-biaya ini pada tingkat seminimum mungkin tanpa mengabaikan kualitas produk yang dihasilkan. Pengukuran dan pengendalian terhadap biaya kualitas akan dituangkan melalui laporan biaya kualitas supaya perusahaan dapat menjaga dan meningkatkan kualitas produk sesuai dengan yang diharapkan. Ada 4 kategori biaya kualitas yaitu: biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya gagal internal, dan biaya gagal eksternal. Metode dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan yaitu pengumpulan data yang diarahkan pada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto, gambar maupun dokumen elektronik yang dapat menunjang proses penulisan terkait Biaya Kualitas dan Produktivitas pada Perusahaan. Studi ini menunjukkan bahwa biaya kualitas berhubungan langsung dan berdampak pada Produktivitassuatu perusahaan. Biaya kualitas dapat menghasilkan naiknya produktivitas sampai dengan produk akan dihasilkan serta tercipta kepuasan pada pelanggan. Produktivitas merupakan indikator perkembangan suatu perusahaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan harus melakukan pengukuran produktivitas dalam satu siklus yang terdiri dari: productivity measurement, productivity evaluation, productivity planning dan productivity improvement.