Strategi Manajemen Pemasaran Destinasi Pariwisata Berkelanjutan: Suatu Kajian Literatur

  • Ratna Dewi Universitas Muslim Indonesia
  • Musdawina Musdawina Universitas Muslim Indonesia
  • Zulfianah Ahmady Universitas Muslim Indonesia
  • Musdalifah HR Universitas Muslim Indonesia
  • Sarly Sakir Universitas Muslim Indonesia
Keywords: Manajemen Pemasaran, Pariwisata, Berkelanjutan

Abstract

Artikel ini mereview dan berupaya untuk mengkonfirmasi mengenai strategi manajemen pemasaran destinasi pariwisata berkelanjutan. Dalam perencanaan perlu melakukan analisis yaitu: (a) Analisis lingkungan makro yang meliputi lingkungan politik, ekonomi, sosial, hukum dan budaya; (b) Analisis lingkungan mikro meliputi produsen, pemasok, pesaing, wisatawan, dan masyarakat; (c) Analisis kompetitor meliputi destinasi wisata yang sejenis, dan (d) Analisis pasar yaitu potensi wisatawan dan pasar wisatawan. Strategi pemasaran terdiri dari analisis, pengembangan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan dalam pengembangan destinasi wisata. Begitu juga dalam pengembangan manajemen pariwisata yang berkelanjutan ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan yaitu: (a) Aspek daya tarik tempat wisata; (b) Akses menuju tempat wisatawan; (c) Fasilitas utama dan pendukung seperti hotel, restoran dan lainnya; dan (d) Kelembagaan seperti Agen perjalanan, biro perjalanan, pemandu wisata dan lainnya.

Published
2024-01-31