Strategi Personal Branding Melalui Sosial Media Tiktok Melinda Rohita

  • Ratna Dewi Universitas Muslim Indonesia
  • Rahayu Agustina Ishak Universitas Muslim Indonesia
  • A. Amanda Rizkasari R Universitas Muslim Indonesia
  • Mohamad Rinaldi Djakaria Universitas Muslim Indonesia
Keywords: TikTok, Personal branding, Melinda Rohita

Abstract

Salah satu strategi komunikasi yang menanamkan persepsi positif seseorang kepada publik adalah melakukan sebuah personal branding. Kehadiran TikTok memiliki fungsi yaitu dapat menjadikan strategi digital marketing dan membangun sebuah brand, dengan TikTok dapat memengaruhi perilaku dari pengikutnya. Salah satunya selebgram TikTok Melinda Rohita atau dikenal sebagai Meyden terkenal lantaran personalitynya dianggap menyenangkan dan menghibur. Penelitian ini metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan berfokus pada studi kasus penelitian yaitu mengetahui bentuk personal branding Melinda Rohita melalui akun media sosial Tiktoknya @imeyhou. Didukung dengan delapan konsep utama personal branding Peter Montoya. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa personal branding Melinda Rohita memenuhi kedelapan konsep utama yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan dan nama baik. Dengan karakter yang khas dan kuat dalam membentuk personal branding sebagai remaja yang cerdas, asyik, dan menghibur. Tidak hanya itu, dengan menggunakan aplikasi TikTok yang telah melengkapi beragam special fitur dengan berbagai hiasan saat membuat video, kemudian mengunggah ke akun media TikTok. Sehingga akun @imeyhou, memanfaatkan tiga elemen pendukung yang diberikan oleh TikTok yaitu: live TikTok, TikTok shop, dan popular.

Published
2023-10-31